Kebun Buah Mangunan

Posted: July 1, 2011 in Kebun Buah Mangunan
Tags: , , ,

Pemandangan dari Gardu Pandang Mangunan

Edisi kali ini adalah mengulang pencarian lokasi Kebun Buah Mangunan yang pada edisi  terdahulu sempat kelewatan karena melalui rute PDMI (Pathuk-Dlingo-Mangunan-Imogiri). Pesepeda di Yogya biasanya mendengar kata Mangunan sudah langsung membayangkan tanjakan yang panjang dan tiada henti hingga berpikir ulang untuk naik ke Mangunan dengan bersepeda. Kenyataannya memang jalan menuju ke Mangunan penuh tanjakan, berbelok-belok dan sepi tapi masih lebih sepi waktu melewati rute PDMI.

Nanjak dan sepi

Perjalanan ini aku lakukan dengan aliran LONERIDER (sendirian) Minggu 29 Juni 2011 bertepatan dengan libur Isro’ Mi’roj atau selang 3 hari setelah dari Candi Boko dan Candi Ijo. Rute ini aku usahakan untuk tidak sampai nuntun dan memang akhirnya terwujud walaupun beberapa kali istirahat untuk minum.

Petunjuk Jalan

Dulu waktu rute PDMI ternyata aku memutar cukup jauh ini kuketahui dari papan penunjuk jalan diatas. Padahal rute kalo dari papan itu (Muntuk-Terong-Pathuk) jelas lebih pendek dan jalurnya tidak seberat lewat Dlingo (memutar). Sampai di lokasi ini jam menunjukkan 08.50 wib dan aku mengikuti papan petunjuk itu.

Elok nian pemandangannya

Foto diatas sebelum pos retribusi yang dijaga oleh 2 orang bapak satpam. Dilokasi ternyata sudah ramai dengan pengunjung dan anak sekolah yang berkemah, karena aku ingin memotret pemandangan alam dengan langit yang biru maka terpaksa menunggu agak lama hingga awan mendung menyingkir. Sambil menunggu aku berbincang-bincang dengan pak satpam.Terpampang tulisan Rp 5.000/orang di pos retribusi dimana petugas satpam sibuk melayani pengunjung yang akan masuk lokasi wisata. Langit sudah berwarna biru cerah saatnya aku masuk dan dipersilakan saja dengan gratis tentunya. Gratis lagiii….bathinku. “Nuwun pak” balasku

Foto diatas hanya sebagian  yang aku tampilkan, setelah puas melihat pemandangan dan keramaian pengunjung aku memutuskan pulang.

Pulang sampai rumah 12.45 wib

Leave a Reply

