Gowes ke PDMI (Pathuk Dlingo Mangunan Imogiri)

Posted: April 12, 2011 in Pathuk-Dlingo-Mangunan-Imogiri
Tags: , , , ,

Pemandangan dari sebelah selatan Pathuk, Gunung Kidul, Yogyakarta

Rencana awal cuma iseng-iseng nyantai ke Bukit Pathuk trus langsung pulang karena hari minggu sebelumnya 3 April 2011 sudah gowes ke Pantai Baron yang cukup melelahkan dan dibawah guyuran hujan deras. Kali ini hari minggu 10 April 2011 cuaca cukup mendukung tidak hujan namun panas tidak menyengat, masih menganut aliran lone rider . Berangkat dari rumah kira-kira jam 05.35 menuju bukit Pathuk dengan santai, sampai bukit bintang 06.24 istirahat dulu sambil motret pemandangan.

Hasil jepretannya minim sekali karena jalan dah mulai ramai ndak berani ketengah takut kesambar motor. Habis sebatang rokok langsung naik menuju Pathuk.

Sampai Pathuk jam 06.45 langsung istirahat sambil lihat lalu lalang kendaraan dan sebentar kemudian datang rombongan goweser dari Klaten, ini kutahu setelah kami ngobrol ngalor ngidul. tak lama kemudian mereka pulang lewat Piyungan dan tinggal aku sendiri. Waktu nongkrong sendiri aku lihat jalan keselatan samping pos polisi  dan seketika muncul pikiran ‘weehh… sekali-kali tak lewat Dlingo toh nanti juga tembus Imogiri kan cuma dekat dan jalan turun terus sampai Imogiri.’  Jam 07.05 langsung pancal kearah Dlingo dengan santai dan sesekali bersiul-siul sendiri karena jalan masih datar. Sesaat kemudian ada tanjakan yang menurutku lumayan tajam langsung berhenti bersiul fokus ke tanjakan. Lihat sisi kanan pemandangan yang elok langsung keluarin kamera pocket ku…jepret….(rupanya ini jepretan terakhir dari kameraku).

07.25  jepretan terakhir kamera pocket ku

Foto itu sebelum sampai di Kantor Desa Terong, singkat cerita sampailah di Kecamatan Dlingo. Keluarkan kamera pingin jepret sepedaku yang bersender di pagar kantor kecamatan, utak-atik kok gak bisa…mungkin cuma baterainya habis pikirku..kebetulan ada kios, beli batu baterai 4 biji…setalah ganti batrei pun tetep gak bisa. Alamaaaaaakkkkk…..kameraku rusak mungkin karena minggu sebelumnya kehujanan waktu ke pantai Baron. Lanjut gowes ketemu pasar Dlingo jalan mulai manurung, aku berpikir ini pasti dah hampir sampai Imogiri karena memang sebelumnya belum pernah ke sini. Ternyata semua dugaan awalku keliru ke Imogiri masih jauh dan jalan sungguh berat hanya turunan curam dan tanjakan jahanam serta kiri kanan hanya pohon2 besar hutan yang bertobing-tobing dan sepi sekali namun terasa angin sungguh siregar. Alhasil “bukannya bersepeda di gunung tapi nuntun sepeda di gunung sendirian pula.  Akhirnya sampai juga di Mangunan (baru sekali ini) dan jalan mulai turun terus sampai Imogiri jam 10.05 ( ini baru betul ‘dekat, turun terus sampai Imogiri’ ). Istirahat 1 jam karena ada panggung musik KoesPlusan yang menarik sambil minum Wedang Uwuh tanpa makan. Jam 11.00 cabut dari Imogiri dengan cuaca yang sedikit panas dan  sampai rumah jam 11.45. Sarapan pagi baru jam 15.00 sehabis sholat ashar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s