Waduk Sermo, Kulon Progo

Posted: February 10, 2011 in Waduk Sermo
Tags: , ,

Bersandar dipohon di Waduk Sermo

Masih gowes sendirian dengan berbekal kamera N73, kali ini ambil rute ke arah barat setelah seminggu sebelumnya rute kearah timur (Gunung Api Purba Nglanggeran). Di penghujung bulan Januari 2011 tepatnya Sabtu 29 Januari 2011 berangkat pukul 05.45 wib langsung meluncur menyusuri jalan wates karena hanya lewat jalan itu yang aku tahu menuju ke Waduk Sermo. Jalan masih agak sepi walaupun berupa jalan propinsi hanya beberapa kendaraan saja yang lewat. Seperti biasa kalo gowes sendirian hanya ditemani angin dan udara pagi yang masih segar.

Persimpangan jalan

Rute yang aku lalui dari rumah di jalan Kusumanegara – Kantor Pos Besar ( 0 Km) – Gamping – jalan Wates – Tugu Potlot Kenteng – Milir – RSUD Wates – istirahat diwarung depan RSUD Wates. Setelah minum segelas teh hangat dan tahu goreng beberapa saat langsung menuju waduk sermo dengan jalan yang curam naiknya tiada henti alias nanjak terus. Bertekad dengan modal semangat 45 dengan niat awal tak akan nuntun tetap kukayuh pedalku nanjak. Setelah nanjak yang cukup panjang akhirnya sempat turun juga untuk minum tapi masih bersikukuh untuk tetap tidak nuntun sepeda walaupun napas dah hampir putus. Sebenarnya perjalanan dari rumah ke lokasi sebelum nanjak sudah cukup menguras tenaga karena terbilang lumayan jauh.  Akhirnya pada tanjakan terakhir sebelum pintu loket (dah hampir finish) tenaga dah bener-bener habis dan terpaksa dari pada kenapa-kenapa karena seorang diri dan suasana masih sangat sepi di sekitar waduk sermo maka kutuntun juga sepedaku karena aku berprinsip kalo tidak kuat ya harus dituntun walau sebisa mungkin tidak nuntun. Akhirnya sampai juga aku di Waduk Sermo dengan pemandangan yang indah dilihat dari atas walaupun keadaan masih sepi karena masih pagi jam 8.15 wib dan hari sabtu mungkin kalo hari minggu banyak pengunjungnya.

Setelah sedikit mengitari waduk sambil motret-motret sendiri dan istirahat  minum kopi panas kini saatnya untuk

Rekan-rekan Terbah di Warung Kuning

kembali kerumah kira-kira jam 10.00. Di perempatan timur loket ketemu kelompok goweser yang akhirnya kami berkenalan dan baru aku tahu kalo kelompok goweser tersebut berasal dari daerah sekitar waduk Sermo tepatnya Terbah, Wates, Kulon Progo dengan tempat kumpulnya arah utara Samsat Kulon Progo. Terimakasih aku ucapkan pada rekan-rekan dari Terbah ini yang dengan sangat ramah menyambut dan menjamuku diwarung kuning dan mengajak ketempat basecamp nya. Setelah ngobrol-ngobrol dengan rekan-rekan dari Terbah kini saatnya pulang sendirian dan atas petunjuk rekan tersebut aku disarankan lewat jalan baru yang tembus sampai pertigaan stasiun Sentolo. Jalan baru ini memang lebih pendek dari pada lewat jalur awal yang aku lalui namun jalannya naik turun disertai pas cuaca yang sangat panas. Akhirnya sekitar jam 13.00 wib aku sampai kembali kerumah dengan selamat dan warna kulit yang tambah hitam. Hee..heeee.heeeeee….

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s