Gowes ke Gunung Api Purba Nglanggeran

Posted: January 26, 2011 in Gunung Api Nglanggeran
Tags: , , , ,

Masih acara gowes seorang diri, hari minggu tangal 23 Januari 2011 pada awalnya mau ke Pakem tapi mendadak pikiran berubah pingin ke Gunung Api Purba Nglanggeran di Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul. Toh ke Pakem sudah sering maka pingin cari suasana baru maka kuarahkan sepedaku ke arah timur dari lokasi rumah di jalan Kusumanegara.

Etape I rumah – Piyungan berjarak +- 12 km dengan medan mendatar dengan enteng kulibas. Rute ke arah timur ini relatif lebih sepi kalo dibandingkan dengan rute gowes kearah lainnya, maka tidak banyak ketemu rekan goweser dijalan tidak seperti kalo ke Pakem yang banyak ketemu rekan goweser di jalan. Entah kenapa bisa sepi…….

Etape II Piyungan – Patuk yang jaraknya entah berapa sebenarnya gak jauh tapi dengan medan yang menanjak curam (lebih curam dari pada ke Pakem) kulalui dengan berat dan terpaksa berhenti 2 kali tapi tidak sampai nuntun meskipun menuntun sepeda sangat diperbolehkan. Pemandangan di tahap ini cukup elok karena bisa melihat kota Yogya dari atas. Ada banyak warung-warung yang menyuguhkan makan dan pemandangan yang bagus. Sampai puncak Bukit Patuk istirahat sebentar. Di tempat ini ketemu dengan goweser lain berjumlah 5 orang. Suasana bukit Patuk ini memang jauh lebih sepi dibandingkan dengan warung Ijo di Pakem mungkin karena medan yang terbilang berat atau entah karena apa…Lain waktu aku pasti akan mengulang rute Yogya – Bukit Patuk ini sebagai alternatif lain rutinitas ke Pakem. Dari Patuk ini ke arah selatan lewat Dlingo – Mangunan turun di Imogiri terus ke Yogya tapi niat dari awal ke Gunung api purba Nglanggeran.

Etape III Bukit Patuk – Gunung Api Purba Nglanggeran medan ini kira-kira berjarak 7 km kata warga sekitar dengan medan yang lumayan menanjak. Kulalui medan ini dengan sedikit berat mungkin karena energi telah terkuras waktu etape Piyungan – Bukit Patuk. Pada tahap ini banyak tower-tower relay stasiun TV dan Komunikasi dan pemandangan alam yang sangat menarik tapi jalanan masih terbilang sepiiiiii…..Route pulang sama dengan ketika berangkat.

Deskripsi wilayah ini sangat banyak di internet maka silaken googling aja sendiri

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s