Bersepeda ke Candi Prambanan dan Rumah Dome

Posted: September 26, 2010 in Candi Prambanan
Tags: , ,

 

Lokasi wajib goweser bernarsis

Perjalanan ke Candi Prambanan ini aku lakukan 2 kali yaitu Sabtu (25 September 2010) dan Minggu (26 September 2010) dengan  bersepeda masih sendirian (lone rider). Kenapa 2 kali pada waktu yang berurutan ???  Karena pada hari sabtunya aku gak bawa kamera……..trus kuulangi pada hari minggunya dengan membawa kamera. Hiduupp kameraaaa……

Candi Prambanan terletak sekitar 17 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Akses menuju ke candi ini relatif mudah karena berada di pinggir jalan utama Yogyakarta – Solo. Banyak angkutan yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan candi ini diantaranya dengan bus besar Yogya – Solo, Bus trans Jogja, mobil pribadi maupun mobil sewaan. Waktu tempuh dengan angkutan bermotor sekitar 30 menit. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola candi cukup banyak seperti adanya bumi perkemahan Rama Shinta, Pergelaran Tari Ramayana, dll. Adanya candi ini juga menumbuhkan aktifitas perekonomian masyarakat sekitar dengan banyaknya pedagang cindera mata ataupun pedagang makanan baik berupa warung maupun restoran. Bagi pengunjung yang ingin berlama-lama tinggal untuk menikmati segala keindahan candi Prambanan ini maka banyak penginapan maupun hotel yang berdiri di sekitar candi.

Candi Sewu

Perjalanan dari Yogya menuju candi Prambanan ini akan lebih berkesan bila dilakukan dengan bersepeda di pagi atau sore hari baik melalui jalan utama maupun route blusukan. Kemarin hari sabtu pagi dengan naik ” si kumbang ” asal pancal aja ke arah timur eehh…malah tau-tau nyampai candi ini. Mulanya hanya tujuan paling tidak sampai kantor Percetakan KR di Berbah trus balik kanan lewat jalan selatan namun dijalan ketemu dengan rekan goweser naik sepeda balap yang akan menuju ketimur. Sambil gowes asyik ngobrol tau-tau yahh kok dah sampai Candi Prambanan akhirnya kuucapkan salam perpisahan kepada rekan yang akan terus menuju ke timur.

Masjid Al-Muttaqun Selatan Candi Prambanan

Sayang sekali aku gak bawa kamera pada kunjungan kali ini padahal biasanya aku selalu mengabadikan perjalanan ke obyek wisata yang aku tuju tapi maklum karena gak ada rencana.  Setelah mengitari Candi Prambanan si kumbang kuarahkan ke selatan menuju ke Piyungan melewati Candi Boko trus ada papan petunjuk ke Candi Ijo ke arah timur dari jalan Prambanan – Piyungan. Terus keselatan ada papan petunjuk ‘Rumah Dome Sengiran 2 km’ ke arah timur. Penasaran karena hanya tahu lewat koran dan televisi akhirnya  aku menuju ke Rumah Dome itu. Jalan menuju kerumah dome cukup mengasyikkan karena ditengah hamparan sawah dan dengan sekali bertanya sampailah ke TKP.

 

Gapura Prambanan Perbatasan DIY – Jateng Sebelah Timur

Rumah Dome (biasa juga disebut Rumah Bunder atau Rumah Teletubis) mirip dengan rumah orang Eskimo seluruh bangunannya tanpa ada genteng tapi tetep ada pintu dan jendelanya loohh….sayang aku gak bawa kamera. Susunan rumah Dome ini mirip seperti kompleks perumahan terbagi dalam blok-blok dengan nomor rumah masing-masing. Lain kali aku pasti kembali dengan membawa kamera. Dah merasa cukup karena hari bertambah siang maka aku balik lagi ke jalan Prambanan – Piyungan. Keselatan lagi menemui papan petunjuk Candi Abang di kanan jalan tapi aku gak mampir.

 

Masjid An-Numami Candsari Kalasan

Sampai Piyungan langsung menuju arah barat (Yogya) mampir dulu di Perumahan Puri Melati sebelah barat obyek wisata anak-anak. Di perumahan ini aku mampir untuk sekedar melihat rumah salah satu kakakku yang kosong tak terurus dan terbengkalai..ehhh ternyata masih ada rumahnya.

 

my mother lagi baca koran sewaktu aku sampai rumah

Pada minggu pagi aku pancal lagi si kumbang dengan tujuan pasti Candi Prambanan untuk mengulang hari sabtunya yang belum sempat terabadikan. Kata orang-orang sihh kalo suka mengabadikan dengan berfoto suka dibilang narsis..apa itu narsis aku gak tahu dan gak peduli alias luweeehhh….Semua foto-foto ini aku buat pada hari minggu nya tapi aku tidak mampir kerumah Dome/Bunder/Teletubis. Ternyata hari minggu lebih ramai dari pada hari sabtu, banyak rombongan goweser dari arah barat maupun timur yang ketemu disana dan sempat ngobrol-ngobrol sebentar…rata-rata pertanyaan mereka ‘ gowes sendirian ya mas ?? “‘ dan kujawab dengan senyum dan kata ‘ iya ‘……

 

Comments
  1. raihanaunty says:

    wah seru ya bersepeda ke prambanan….

    Tapi prambanan lumayan jauh kan dari kota Yogya-nya???….hhhhmmmm….bisa bengkak nanti betisnya….hehehehe…..🙂

    I Miss Yogya a lot….
    salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s