Candi Boko dan Candi Ijo

Posted: July 1, 2011 in Candi Boko dan Candi Ijo
Tags: ,

Candi Ijo

(klik foto untuk memperbesar)

Seperti biasa saya tidak akan menceritakan deskripsi detil dari obyek wisata yang aku tuju tak terkecuali Candi Boko dan Candi Ijo karena sudah banyak sekali blog yang mengulasnya.

Bermula dari keinginan bersepeda ke Candi Ijo yang masih berada di Kecamatan Prambanan, Sleman , Yogyakarta maka Minggu 26 Juni 2011 pagi meluncurlah sepedaku ke arah timur melalui Berbah. Setelah ketemu jalan Prambanan – Piyungan belok kearah utara mencari jalan ketimur yang ada papan petunjuk ke Candi Ijo namun tak ketemu (kebablasen) yang akhirnya malah ketemu papan petunjuk ke Candi Boko. Kali ini masih menganut aliran LONERIDER (sendirian).  Akhirnya ketemu papan petunjuk kekiri Candi Boko, lurus Candi Banyunibo dan kanan Candi Ijo. Pilihan pertama ke Candi Boko selanjutnya ke Candi Ijo.

Candi Boko berada 196 m dpal sehingga harus melalui tanjakan yang lumayan curam namun dengan jarak yang pendek….lewat dengan sempurna tanpa turun dari sadel.

Pemandangan sebelah barat dari Bukit Boko

Di Bukit Boko ini aku tidak ke candi melainkan hanya lewat  halaman belakang dekat tempat perkemahan dan Boko Resto.

Halamannya bersih dan teduh enak buat istirahat

Bumi perkemahan dan Boko Resto

Setelah di Candi Boko sepeda kuarahkan ke selatan menuju Candi Ijo, candi ini terletak 410 m dpal dengan demikian dipastikan jalan menanjak. Baru pada tanjakan pertama ketemu dengan kakak ku yang rupanya menyusul bersepeda ke Candi Ijo, jadilah kami berdua menuju TKP.  Jalan nanjak dan rusak membuat kami harus turun dari sadel. Setelah beberapa saat sampai juga ke Candi Ijo.

Candi Utama sisi belakang

Kami harus menunggu agak siang untuk mendapatkan foto dengan langit yang biru sekalian istirahat.

Candi Utama dari sisi depan, langit mulai berawan

Candi Perwara

Rute Pulang

Rute pulang kami mengambil jalan lurus naik ketimur jadi tidak balik seperti waktu berangkat. Mengikuti jalan lurus ketimur yang ternyata masih banyak tanjakan, melewati dusun Klumprit Wukirharjo terus….nanti ada turunan curam dan didepannya ada pertigaan ambil kanan menuju arah rumah Dome, kalo kekiri menuju ke daerah Petir Gunung Kidul.