Kalibiru, Kulon Progo

Posted: April 23, 2011 in Kalibiru
Tags: , , ,

Waduk Sermo tampak indah dari Kalibiru

Kalibiru merupakan wisata alam di perbukitan Menoreh dengan ketinggian 450 dpal secara administratif terletak di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Deskripsi lengkapnya silakan kunjungi disini .

Gowes kali ini hari Sabtu 23 April 2011 berangkat dari rumah jam 05.45 wib seperti biasanya lonerider (sendirian) dan no sarapan.

Rute berangkat : Yogya РSentolo РPengasih РPasar/Pemandian  Clereng РKalibiru

Sentolo – Pengasih jalan aspal bagus dengan naik turun yang lumayan panjang sedangkan Pengasih – Pasar Clereng melewati pemandian Clereng jalan datar. Rute Clereng – Kalibiru adalah full tanjakan tajam dan jalanan relatif sepi mungkin karena hari Sabtu kalo hari Minggu kata petugas tiketnya agak ramai.

Jalan di hutan sunyi, sepi, senyap, hening

Sepanjang tanjakan sepengetahuanku hanya ada satu warung untuk sekedar minum teh hangat, itupun tidak seperti warung-warung yang kita kenal.

Ini warung yang sering buat istirahat sambil minum milik ibu Tukinah

Setelah berjuang susah payah nggenjot pedal di campur dengan nuntun akhirnya sampai juga ke tujuan dengan berkeringat. Disini untuk masuk obyek wisata harus beli tiket dahulu namun aku digratiskan dan dipersilakan masuk saja, mungkin karena sendirian atau karena kasihan yaaa……”maturnuwun pak” jawabku kepada petugas loket.

Nampang dulu mumpung ada yang motretkan

Aku selalu khawatir kalo ninggalin sepeda di parkiran maka sepedaku ikutan naik sampai atas daripada pikiran tidak tenang.

Rute pulang : Kalibiru – Waduk Sermo – Alun-alun Wates – Yogya

Pada rute Kalibiru – Waduk Sermo jalan didominasi turunan yang tajam perlu kewaspadaan dan hati-hati apalagi kalo rem nya tidak pakem mendingan dituntun saja dari pada kenapa-kenapa. Pada rute ini aku ketemu lagi dengan teman-teman grup goweser dari Terbah Wates dan turun bersama menuju Waduk Sermo dan mampir di warung ikan sembari istirahat dan lihat suasana waduk.

Setelah cukup istirahat dan perut terisi maka kami bersama meninggalkan waduk menuju kota Wates, disini aku berpamitan untuk melanjutkan perjalanan ke Yogya sendirian dengan diiringi cuaca yang lumayan panas. Terimakasih kepada teman-teman goweser Terbah untuk kesekian kalinya kita bertemu dan menjalin keakraban semoga dilain waktu bertemu kembali.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s